Tuhanku...
Selamatkan aku dari dia yang tidak mengatakan kebenaran
kecuali kalau kebenaran itu menyakiti;
dan dari orang yang berperilaku baik tetapi berniat buruk;
dan dari dia yang memperoleh nilai dirinya dengan mencela orang lain.

13 Oktober 2008

Mengapa Awan Hujan Berwarna Hitam

Mengapa awan hujan berwarna hitam, tapi air hujan tidak hitam?

Masalah warna awan terkait dengan butir-butir air didalamnya.
Memang begitulah awan: kumpulan butir-butir air yang sangat kecil sehingga karena mengenai benturan terus menerus oleh molekul-molekul udara mereka tetap bergantung diudara dan tidak terpengaruh oleh gravitasi sampai (saat hujan). Butir-butir itu terus menguap dan mengembun. itu sebabnya awan senantiasa berubah bentuk.

Butir-butir air dalam sebuah awan putih seperti bola-bola kristal sangat kecil. Jadi mereka memantulkan dan membuyarkan cahaya ke semua arah. seperti air dalam bentuk-bentuk lain (es dan salju) mereka memantulkan dan membuyarkan semua panjang gelombang (warna) cahaya secara adil, maka cahaya matahari yang sampai ke mata kita tetap berwarna putih. (apabila butir-butirnya lebih kecil daripada panjang gelombang cahaya, awan itu akan ikut berwarna biru seprti langit).

Sementara itu, awan hujan atau awan badai, seperti yang kita harapkan, sarat dengan air, dan menunggu peluang yang tepat untuk mengacaukan piknik anda. Butir-butir air dalam awan tersbut begitu tebal sehingga menghalangi cahaya matahari, maka awan tersebut relatif tampak gelap dibandingkan langit yang cerah. Bagaimanapun, sesungguhnya awan itu tidak hitam, melainkana hanya bayang-bayangnya yang hitam.

(dikutip dari : Robert L.W.)

0 komentar:

Template by - Abdul Munir