Tuhanku...
Selamatkan aku dari dia yang tidak mengatakan kebenaran
kecuali kalau kebenaran itu menyakiti;
dan dari orang yang berperilaku baik tetapi berniat buruk;
dan dari dia yang memperoleh nilai dirinya dengan mencela orang lain.

06 Desember 2008

Payung, Darimana AsaLnya?

bicara soal hujan rasanya tidak lengkap jika tidak membahas benda yang satu ini. Kadang terlihat begitu sepele, namun kadang menjadi benda yang penting. ya... ituLah Payung!!Sang penyelamat disaat hujan (^_^)


tapi darimana ya asal mula payung ??

nah,.. begini ceritanya
payung sudah digunakan oleh bangsa China sejak 4000 tahun yang lalu, boleh dibilang bahwa bangsa chinalah yang menemukan payung. Pada masa itu payung hanya digunakan untuk melindungi diri dari terik matahari karena payung masih terbuat dari kertas. (payung jenis ini mungkin sudah sering kita lihat di tayangan film china klasik, dengan bentuk yang artistik namun sangat tidak praktis)

seiring berkembangnya zaman, masyarakat china mulai merancang payung yang terbuat dari bahan lilin yang digunakan sebagai pelapis kertas payung. Payung dengan bahan ini mampu melindungi dari air hujan.

Lain halnya di Eropa, payung baru berkembang sekitar abad ke 16. Di eropa pada awalnya payung hanya digunakan oleh wanita sebagai aksesoris ketika berpergian. Barulah setelah penulis asal Persia, Jonas Hanway menggunakan payung di publik, payung mulai banyak digunakan oleh pria.

Saat itu di Eropa, gagang payung masih terbuat dari kayu dan tulang ikan paus sedangkan penutupnya terbuat dari kanvas yang diberi minyak. Gagang bawah payung dibuat dengan bentuk melengkung sehingga mudah untuk dipegang.
Kemudian pada tahun 1852, gagang payung mulai menggunakan besi setelah ditemukan oleh Samuel Fox.

Pada tahun 1928 payung mulai diproduksi secara masal tepatnya di Baltimore, Mariland

Takut kehujanan??
ingat peribahasa klasik ini: " sedia payung sebelum hujan!"

epha :)
4 hari hujan tak datang,...



0 komentar:

Template by - Abdul Munir